Tpz5TSMiTpOoGUr6TSAoGpYlTY==
Light Dark
Batik Sekar PKK Randupitu Go Internasional

Batik Sekar PKK Randupitu Go Internasional

Batik Sekar PKK Randupitu
Daftar Isi
×
Batik Sekar PKK Randupitu

PASURUAN - Kader Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Randupitu, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan tergolong kreatif. Buktinya hasil karya batik sekar yang dibuatnya tembus dipamerkan ke dunia internasional.

Dalam pameran tersebut sudah dilakukan di negara Eropa sampai India. Untuk yang terbaru, batik buatan Ibu PKK Desa Randupitu ini dipamerkan dalam forum internasional di negara India. Batik yang dipamerkan motifnya Sesek Karo Randu. Batik itu di pamerkan oleh rombongan Dosen Universitas Negri Malang.

Dosen tersebut yaitu dari Wakil Rektor II Bidang perencanaan, sumber daya dan usaha, Prof. Dr. Puji Handayati, S.E.AK, M.M., Ca. CMA. Dia yang membawa batik tersebut saat kunjungan ke salah satu universitas di India dan memperkenalkan batik karya dari Ibu PKK Desa Randupitu.

Seperti disampaikan oleh Kepala Desa Randupitu Muhammad Fuad. Dengan karya Ibu PKK, ia merasa bangga karena produknya diapresiasi oleh banyak pihak. Bahkan, sudah dibawa ke Korea dan India.

Menurutnya, karya batik Ibu PKK menjadi kebanggaan buat kami. Karena karya mereka sampai tembus dipamerkan ke dunia internasional, salah satunya negara Eropa sampai India," katanya, Kamis (1/8/2024).

Lanjut Muhammad Fuad berharap karya batik Ibu PKK menjadi momentum yang baik bagi pengrajin Ibu PKK. Jadi kalau bisa momentum ini jangan sampai hanya sekadar seremonial saja, tapi harus bisa dikembangkan. Terlebih jika karya ini semakin berkembang bisa membuka peluang usaha," ungkap Fuad.

Disamping itu, Fuad menerangkan bahwa batik khas Randupitu ini kaya akan makna dan keindahan melalui goresan batik tulis. Salah satu motif yang berhasil mencuri perhatian adalah Batik Sekar Randu, singkatan dari "Sesek Karo Randu". Oleh sebab itu, dia mendorong seluruh masyarakat Desa Randupitu untuk memviralkan batik tulis khas desa mereka. Batik tulis yang dihasilkan oleh ibu-ibu PKK ini memiliki daya tarik tersendiri di dunia fashion," terangnya.

@Ragam Jatim

0Komentar