Tpz5TSMiTpOoGUr6TSAoGpYlTY==
Light Dark
SBEC Sumber PAD Kota Surabaya

SBEC Sumber PAD Kota Surabaya

SBEC Sumber BAPENDA Kota Surabaya
Daftar Isi
×
SBEC Sumber PAD Kota Surabaya

SURABAYA
- Kalangan Dewan Surabaya mengapresiasi Surabaya Expo Center di kawasan ex THR Surabaya. Pemerintah Kota Surabaya memanfaatkan lahan seluas 3,5 hektar lebih ini akan digunakan sebagai pusat budaya dan pengembangan UMKM warga Surabaya.

Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Baktiono menyatakan, eks Taman Remaja Surabaya (TRS) bisa dongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal itu dikarenakan adanya biaya sewa dari EO yang akan menyelenggarakan event besar.

“ Itu kan di komersilkan, maka siapa saja yang akan menyewa tempat ini baik pameran, musik, expo produk, maka bisa menambah PAD Kota Surabaya,” ujar Baktiono di Surabaya, Selasa (20/08/24).

Arek asli Surabaya ini menambahkan dihidupkannya kembali eks lahan TRS menjadi SBEC oleh Walikota Eri Cahyadi ini sangat baik. TRS sudah dikenal lama oleh warga Kota Surabaya sehingga ketika dibangun menjadi expo untuk pameran UMKM, pameran produk-produknya Pemkot Surabaya, pameran sosialisasi kebijakan-kebijakan Pemkot, maupun pameran untuk sosialisasi pelayanan masyarakat, bahkan pameran yang bersifat komersil dari pihak luar itu sangat bagus. Semua itu akan mendongkrak ekonomi masyarakat juga menambah PAD Surabaya.

“ Pendapatan dari warga masyarakat jika produknya laku otomatis Pemkot Surabaya mendapatkan feed back dari pendapatan tersebut berupa pajak,” tegas Politisi PDIP Surabaya ini.

Baktiono menyarankan Pemkot, agar UMKM pemula yang ingin pameran di SBEC sebaiknya jangan kena charge atau biaya sewa. Untuk pengembangan UMKM hendaknya Pemkot Surabaya beri fasilitas seperti sarana rombong (gerobak) dan stand penjualan free sebagai penyemangat.

“ Yang sewa adalah pameran besar yang dikoodinir oleh Event Organizer atau EO, baru ada biaya sewanya yang bisa mendongkrak PAD,” ungkapnya.

Ditempat erpisah Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Heri Purwadi menambahkan, Wali Kota Eri memanfaatkan lahan tidur di lahan eks TRS dan menjadikannya sebagai SBEC adalah sudah dicanangkan jauh hari.

“Ini adalah tempat yang diidam-idamkan, sebab Wali Kota Eri Cahyadi berinisiatif menjadikan tempat itu agar bisa meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah). Bahwa Surabaya telah memiliki tempat untuk konser dan pameran, serta bisa berdampak secara ekonomi bagi masyarakat sekitar,” tpungkasnya. (*)

@Ragam Jatim

0Komentar