Tpz5TSMiTpOoGUr6TSAoGpYlTY==
Light Dark
8 Minuman Khas Jakarta yang Punya Rasa khas, Bisa untuk inspirasi bisnis

8 Minuman Khas Jakarta yang Punya Rasa khas, Bisa untuk inspirasi bisnis

Minuman Khas Jakarta
Daftar Isi
×
Aneka Ragam Nusantara dengan budaya yang bermacam- macam, Jakarta pula mempunyai peninggalan kuliner yang tidak kalah banyak. Salah satunya merupakan minuman khas Jakarta yang mempunyai rasa unik serta menyegarkan, dan penampilan yang umumnya lumayan mencolok.

Walaupun Jakarta dikala ini ditempati oleh orang- orang dari bermacam suku serta wilayah, santapan serta minumannya senantiasa diketahui selaku kuliner Betawi. Perihal ini sebab suku Betawi ialah penduduk asli Jakarta.

Kemudian, terdapat apa saja minuman khas Jakarta? Teluk berikut sudah merangkumnya buat Kamu!

Minuman Khas Jakarta

1. Es Selendang Mayang

Minuman Khas Jakarta

Mimuman khas Jakarta yang awal serta sangat khas merupakan Es Selendang Mayang. Es yang satu ini terdiri dari potongan kue bercorak merah muda yang menyamai selendang. Umumnya kue berasal dari bahan tepung beras serta sagu yang dicetak spesial.

Umumnya Es Selendang disajikan dengan kuah santan, sirup merah, serta es serut. Uniknya lagi, minuman dari Jakarta yang satu ini telah terdapat semenjak era kolonial loh.

2. Bir Pletok

Minuman Khas Jakarta

Tidak hanya itu ada minuman yang lumayan unik, ialah Bir Pletok. Walaupun diucap bir, namun minuman yang satu ini 100% halal buat diminum sebab tidak memiliki alkohol sama sekali. Kebalikannya, Bir Pletok malah kaya hendak bermacam bumbu.

Bir Pletok dibuat dari jahe merah, serai, pandan, kapulaga, cengkeh, pala, serta sebagian rempah yang lain. Sebab bahannya yang natural ini, Bir Pletok dipercaya mempunyai manfaat yang lumayan banyak buat kesehatan, di antara lain merupakan buat menanggulangi infeksi serta perih pada badan.

3. Es Doger

Minuman Khas Jakarta

Tentu kalian telah kerap mendengar nama Es Doger bukan? Minuman yang satu ini nyatanya berasal dari Jakarta loh. Rasa segarnya yang khas dengan penyajian yang berwarna- warni, membuat Es Doger banyak disukai warga, spesialnya kanak- kanak.

Umumnya Es Doger disajikan dengan es serut, tape singkong, mutiara sagu, ketan gelap, roti, serta cendol yang membuat rupanya sangat menarik.

4. Es Campur Betawi

Minuman Khas Jakarta

Es Campur jadi salah satu minuman sangat populer di Indonesia. Tiap wilayah mempunyai minuman ini. Tetapi, di Jakarta Es Campur Betawi mempunyai penampilan serta cita rasa yang khas serta berbeda dari wilayah yang lain.

Di Jakarta, kalian dapat menciptakan es campur dengan bermacam komponen serta dilengkapi dengan bubur sumsum. Pasti kombinasi ini hendak menciptakan cita- rasa yang unik serta gurih yang berbeda dengan wilayah lain.

5. Es Cincau

Minuman Khas Jakarta

Semenjak dulu kala, warga Betawi telah menggemari cincau selaku bahan santapan. Cincau umumnya digunakan buat membuat minuman fresh semacam es cincau. Cincau berasal dari daun tumbuhan cincau yang diperas serta dikentalkan.

Dikala ini, es cincau bisa ditemui di bermacam tempat, mulai dari orang dagang kaki 5 sampai restoran besar. Campuran santan serta gula merah membagikan es cincau rasa yang manis serta gurih. Tidak hanya gampang ditemui, harga minuman ini pula sangat terjangkau.

6. Es Goyang

Minuman Khas Jakarta

Jadi kesukaan kanak- kanak, Es Goyang nyatanya tercantum salah satu minuman khas Betawi loh. Bahan- bahan yang biasa digunakan buat membuat es goyang antara lain tepung sagu ataupun ketan yang diolah jadi kue( hunkwe), santan, serta gula.

Es goyang mempunyai rasa yang manis, gurih, serta fresh. Nama es goyang berasal dari metode pembuatannya, ialah dengan menggoyang adonan es. Prosesnya dicoba dengan memasukkan adonan es ke dalam cetakan kemudian digoyang- goyangkan sampai jadi padat.

7. Es Kolang Kaling

Minuman Khas Jakarta

Semenjak dulu kala, warga Betawi telah terbiasa membuat minuman es kolang- kaling, yang memakai bahan bawah kolang- kaling yang kerap diberi perona santapan merah ataupun hijau. Kolang- kaling merupakan buah berupa lonjong dengan warna putih bening yang kerap diolah jadi manisan, paling utama dikala bulan Ramadhan. Minuman ini umumnya disajikan dengan sirup, daun pandan, es serut, serta susu kental manis, menghasilkan cita rasa manis serta menyegarkan yang sesuai dinikmati dikala cuaca panas.

Kolang- kaling tidak cuma menyegarkan, namun pula menyehatkan. Buah yang berasal dari tumbuhan aren ini baik buat menghindari kehilangan cairan tubuh serta memiliki vit, protein, karbohidrat, kalium, sampai antioksidan. Tidak hanya itu, kolang- kaling baik buat melindungi kesehatan kulit serta kaya hendak kalsium yang berguna buat kesehatan tulang.

8. Kopi Jahe

Minuman Khas Jakarta

Kopi jahe ialah karakteristik khas kopi asal Betawi yang berbeda dari tipe kopi yang lain serta sudah lama digemari oleh warga Betawi.

Pada masa dulu sekali, kopi jahe sangat disukai, paling utama oleh keluarga Betawi- Arab, serta dikira selaku minuman istimewa yang kerap disajikan pada acara- acara berarti. Bila Kamu merasakan kopi jahe, Kamu hendak merasakan perpaduan nikmatnya kopi dengan hangatnya jahe. Orang Betawi menyebut kopi dengan sebutan“ gahwa,” sebaliknya kopi jahe diketahui selaku“ zanjabil.”

Nah, seperti itu sederet minuman khas Jakarta yang dapat kalian coba. Mengingat dikala ini tengah berlangsung Minggu Raya Jakarta( PRJ) kalian dapat berupaya aneka minuman tersebut di situ!



@Ragam Jatim

0Komentar