Tpz5TSMiTpOoGUr6TSAoGpYlTY==
Light Dark
Act of Service, Adalah bahasa cinta yang diungkapkan melalui tindakan nyata

Act of Service, Adalah bahasa cinta yang diungkapkan melalui tindakan nyata

bahasa cinta
Daftar Isi
×
Act of Service

Setiap orang pasti punya bahasa cinta yang berbeda-beda. Bahasa cinta sendiri adalah cara untuk memahami diri dan pasangan dalam menunjukkan rasa cinta. Artinya, cara menunjukkan rasa cinta kepada pasangan atau orang lain juga tidak akan sama. Ada yang mengungkapkannya dengan kata-kata, ada yang dengan sentuhan hangat seperti pelukan, atau ada yang dengan tindakan nyata.

Act of service merupakan salah satu bahasa cinta yang dilakukan dengan tindakan nyata. Seorang tindakan pengabdian biasanya tidak mengungkapkan perasaannya, namun dia akan totalitas dalam melakukan tindakan untuk membuat orang tersayangnya bahagia.

Penasaran apa itu tindakan pelayanan bahasa cinta yang lebih jauh? Apakah kamu seorang tindakan pelayanan? Atau justru pasangan kamu yang bertindak melayani? Baca artikel ini sampai selesai ya!

Definisi Undang-Undang Pelayanan

Act of service adalah satu dari banyak jenis bahasa cinta. Bahasa cinta dengan cara melakukan sesuatu sesuai dengan yang diinginkan pasangan. Orang yang memiliki act of service biasanya akan melakukan hal-hal untuk pasangannya tanpa pamrih. Biasanya memang tindakan pelayanan memerlukan sedikit usaha dibandingkan menunjukkan dengan kata-kata. Namun karena tindakan yang dilakukan untuk orang yang disayangi, semuanya akan terasa mudah. Seorang tindakan pengabdian tidak memerlukan kata-kata cinta dan sayang, namun mereka akan menunjukkannya dengan tindakan.

Seorang tindakan pelayanan tidak selalu melakukan sesuatu untuk pasangan. Tindakan yang dilakukan juga tidak melulu hal-hal besar dan sulit. Bahasa cinta justru bisa ditunjukkan dengan bantuan-bantuan kecil yang sederhana, namun terasa ketika dibutuhkan. Intinya, bukan tentang tindakan apa yang dilakukan, namun bagaimana dia memahami tindakan yang dilakukannya adalah untuk membuat pasangannya senang.

Sekarang, coba perhatikan, pasanganmu lebih sering mengucapkan kalimat-kalimat manis yang membuatmu terbang, atau melakukan hal-hal yang membuatmu senang? Atau kamu sendiri lebih senang mengungkapkan perasaan melalui kata-kata, atau tindakan yang bisa membuat pasanganmu senang?

Hal Penting dari Seorang Tindakan Pengabdian

Ketika seseorang memiliki tindakan layanan bahasa cinta, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

Menciptakan Hubungan yang Membuat Nyaman Satu Sama Lain
Ketika memiliki hubungan dengan seorang tindakan pelayanan, di awal hubungan pasti akan ada rasa canggung. Akan terasa aneh jika kamu mencoba mengatakan yang diinginkan atau dibutuhkan kepada pasangan. Kecanggungan yang berkelanjutan ini akan membuat perasaan tidak nyaman. Untuk membuat hubungan saling nyaman, cobalah untuk terbuka dan mengkomunikasikan keinginan atau kebutuhan. Dengan begitu, pasangan akan lebih memahami dan bisa berkompromi untuk saling memahami.

Menghargai yang Telah Dilakukan oleh Pasangan
Sebagai seorang tindakan pengabdian, biasanya akan muncul perasaan senang ketika dihargai atau diapresiasi atas apa pun yang telah dilakukan. Pasangan yang sudah cukup lama biasanya jauh lebih mudah menerima apa yang diberikan. Kamu akan terbiasa dengan sikap seperti ini kalau pasangan menunjukkan rasa cintanya dengan tindakan melayani.

Spesifik atas Apa yang diharapkan
Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam setiap hubungan. Ingat, pasangan kamu tidak selalu bisa menebak isi pikiran kamu. Jadi, daripada merasa kesal karena menunggu, lebih baik mengisyaratkan lebih terbuka dan menjelaskan dengan spesifik apa yang diinginkan. Apa yang berarti untukmu dan apa yang kamu inginkan dari pasanganmu, agar hubungan yang baik bisa terjalin.

Contoh Perilaku Pelayanan

Kalau kamu atau pasanganmu memiliki pasangan yang punya love bahasa act of service, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan beberapa contoh perilaku di bawah ini.
  • Mengantar dan Menjemput Pasangan.
  • Membukakan pintu untuk pasangan.
  • Merawat pasangan ketika sakit.
  • Membantu mengerjakan tugas atau pekerjaan.
  • Membelikan makanan dan minuman favorit.
  • Memasak makanan favorit.
  • Mengajak jalan-jalan ke tempat yang diinginkan.
  • Membuka botol minum.
  • Menepati janji.
  • Memberikan bantuan setiap saat.
  • Memutar lagu kesukaan pasangan.
  • Menepati janji.
  • Mengingat hari-hari penting seperti ulang tahun atau hari jadi.
  • Membawa barang-barang.
Cara Menunjukkan Tindakan Pelayanan

Dengarkan Keluh Kesah Pasangan
Ketika pasangan kamu mengeluh karena hal-hal yang dialaminya, kamu bisa menyediakan telinga untuk mereka. Jadilah orang yang selalu ada ketika mereka membutuhkan teman untuk bercerita. Dengarkan keluhan mereka dengan baik. Berikan juga dukungan bahwa semua yang dilalui akan baik-baik saja. Kamu bisa melakukan tindakan kecil yang bisa membuat mood pasanganmu lebih baik. Misalnya dengan mengajaknya pergi ke tempat yang tenang, membelikannya makanan kesukaan, atau memberi pelukan.

Tepat Janji
Ketika kamu membuat suatu janji dengan pasanganmu, tepatilah janji itu. Hal ini menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang serius dan ucapanmu sesuai dengan tindakanmu. Sekecil apapun janji itu, misalnya janji akan menjemput pulang kerja, atau janji membangunkan di pagi hari, kamu harus berusaha untuk menepatinya. Janji yang tidak ditepati biasanya menjadi akar sebuah permasalahan. Menepati janji adalah pertanda bahwa kamu memiliki komitmen yang bagus dan memegang komitmen yang telah dibuat.

Berikan Apresiasi kepada Pasangan
Ketika pasanganmu telah melakukan suatu tindakan untukmu, ada baiknya untuk selalu mengucapkan terima kasih atau mengapresiasi apa yang telah dia lakukan. Hal itu akan menambah keharmonisan. Pasangan pun akan merasa dihargai atas apa yang telah dilakukannya. Meskipun bahasa cinta yang diberikan berupa tindakan nyata, namun ucapan apresiasi terhadap tindakan tersebut juga sangat penting.

Melakukan tindakan nyata
Sebagai seorang tindakan pengabdian, sudah jelas hal ini akan sangat berarti. Tindakan adalah salah satu faktor yang membuat pasanganmu merasa disayangi. Misalnya membelikannya minuman setelah seharian berjalan-jalan.

Nah, itulah sekilas penjelasan mengenai tindakan pelayanan bahasa cinta. Cara menunjukkan rasa cinta setiap orang memang berbeda-beda. Cara menanggapi bahasa cinta tersebut juga berbeda-beda. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika pasanganmu tidak pernah mengucapkan kata “I love you” atau kalimat-kalimat mesra. Siapa tahu memang pasanganmu punya tindakan pelayanan bahasa cinta. Kamu harus memahami bahasa cinta yang kamu dan pasangan miliki agar hubungan kalian semakin romantis dan mesra. Jadi, apa bahasa cinta kamu?

@Ragam Jatim

0Komentar