Tpz5TSMiTpOoGUr6TSAoGpYlTY==
Light Dark
Budidaya Keong Mas, Hama Tapi Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Budidaya Keong Mas, Hama Tapi Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Budidaya Keong Mas, Hama Tapi Peluang Bisnis yang Menjanjikan
Daftar Isi
×
Seperti apa metode mudah budidaya keong mas?
Maka jawaban-nya merupakan sangat gampang. Bila Kamu sungguh- sungguh, ini akan jadi kesempatan bisnis yang menjanjikan.

Budidaya Keong Mas, Hama Tapi Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Mengapa begitu? Sebab kita dapat memproduksi keong mas yang kaya protein ini dengan gampang serta cepat.

Perkembangbiakan keong mas sangat cepat.
Keong mas, di mata petani masih dianggap sebagai hama, hingga wajib dimusnahkan. Petani hingga wajib menghasilkan bayaran buat membeli obat kimia pembasmi keong mas sebab perkembangbiakannya yang sangat cepat.

Bila disaat ini keong mas bertelur, sebulan setelah itu, telur- telur itu telah berganti jadi keong mas baru yang juga siap bertelur kembali.

Saat ini kita bayangkan, apa yang hendak terjadi apabila kita membudidayakan keong mas secara intensif?

Menurut situs Kementerian Pertanian, isi protein keong mas menggapai 10– 14%. Itu telah lebih dari layak sebagai bahan baku penyedia kebutuhan protein hewan ternak peliharaan kita.

Ya, di tulisan kita kali ini, Pak Tani Digital hendak fokus pada metode budidaya keong mas dengan orientasi hasil buat sumber protein hewan ternak. Kita belum akan mengupas keong mas sebagai salah satu bahan pangan yang sudah kian merambah luas ke dunia kuliner.

Baiklah, kita kupas saja bagaimana metode budidaya keong mas sebagai kesempatan bisnis yang menjanjikan.

Penyiapan Kolam Budidaya Keong Mas
Terdapat 2 opsi buat budidaya keong mas. Awal, memakai kolam sisa ataupun kolam yang bisa jadi terdapat tetapi tidak terpakai.

Ini jadi pilihan murah dibanding wajib membuat kolam spesial, terlebih kolam berbahan semen yang pastinya memerlukan modal cukup.

Opsi kedua, membuat kolam terpal sebab modal tidak sebesar bila wajib membuat kolam semen. Dalam membuat kolam terpal, tinggal sesuaikan dengan luas lahan yang terdapat.

Misalnya, bila kita merancang membuat kolam berdimensi 4 x 5 meter, hingga opsi terpalnya berdimensi minimun 5 x 6 meter dengan anggapan kita menginginkan ketinggian bibir kolam terpal 0, 5 m.

Metode untuk membuat kolam terpal budidaya keong mas, siapkan bahan penyangga sebagai penyangga bakal bibir kolamnya. Dapat dibuat dari bamboo ataupun papan kayu.

Setelah itu, pasang di lahan yang hendak dipakai. Susun jadi kotakan panjang x lebar. Setelah itu, pasang tonggak- tonggak selaku penyangga papan. Sesudah terpasang kuat, baru kita pasang terpal di bagian dalam menyelimuti ruang kotakan yang ada.

Sehabis terpasang, isi kolam dengan ketinggian air antara 20– 25 centimeter saja. Bila itu kolam terpal, hingga berilah ranting ataupun bahan yang lain yang dapat jadi media rambatan keong mas bertelur. Bila kolam semen, hingga itu tidak dibutuhkan sebab keong hendak merambat lewat bilik kolam

Setelah itu, kolam akan lebih bagus lagi dikasih tumbuhan air, semacam enceng gondok ataupun tumbuhan apung semacam apu- apuan, misalnya.

Letakkan kolam di areal yang bisa cahaya matahari lumayan. Dengan cahaya yang lumayan, penciptaan lumut serta ganggang secara natural di kolam akan gampang terjadi. Lumut ataupun ganggang ialah makanan natural anakan keong mas.

Usahakan letak kolam sedikit berjauhan dari rumah tinggal sebab air kolam berbau tidak sedap. Terdapat sebagian cairan probiotik yang dipakai buat menghilangkan bau.

Cairan probiotik pula dapat menolong perkembangbiakan keong mas lebih maksimal. Tetapi, penggunaannya hendak menambahkan pengeluaran khusus.

Tabur Bibit Keong Mas
Berikut ini merupakan hal- hal yang wajib dicoba buat penaburan bibit keong mas.

Bibit keong mas dapat dicari di sawah ataupun rawa- rawa.

Cari keong dewasa yang telah bertelur

Usahakan ukurannya sama
Bibit keong mas yang didapat, ditampung dulu semalam. Jangan langsung dimasukkan ke kolam.

Hati- hati disaat memasukan ke kolam supaya tidak terdapat yang pecah serta mati.

Pemeliharaan
Sesudah menaburkan bibit keong mas, hingga langkah berikutnya merupakan pemeliharaan.

Berilah makanan dedaunan lunak ataupun sayur- mayur limbah pasar. Jangan memberikan yang busuk

Pemberian pakan 3– 4 kali satu hari, yaitu pagi, siang, sore, serta malam

Berikan pakan dalam jumlah layak supaya petumbuhan keong mas optimal

Kurang lebih 1 minggu, sebagian keong mulai bertelur. Untuk itu, yakinkan kolam bebas dari hama yang dapat memakan telur- telur keong

Panen Keong Mas
Budidaya keong mas sangat mudah. Kurang lebih 1 bulan sesudah menebar benih, kita telah dapat mulai panen, paling utama untuk keong yang dikala ditabur masih anakan.

Tetapi, secara totalitas, terdapat 2 pola panen dalam budidaya keong mas.

Ambil seluruh keong berukuran besar. Dengan model semacam ini, hingga nanti hendak terdapat penebaran benih keong mas lagi. Begitu seterusnya.

Panen sebagian, dimana pembudidaya cuma mengambil sebagian keong yang telah berusia serta meninggalkan yang masih anakan.

Selamat mencoba budidaya keong mas, sumber protein hewan ternak serta mudah dibudidayakan. 


@Ragam Jatim

0Komentar