Tpz5TSMiTpOoGUr6TSAoGpYlTY==
Light Dark
Ingin menumbuhkan rasa cinta pada diri sendiri? Begini tips dan triknya

Ingin menumbuhkan rasa cinta pada diri sendiri? Begini tips dan triknya

menumbuhkan rasa Cinta
Daftar Isi
×
Cara terampuh menumbuhkan cinta pada diri sendiri adalah bagaimana caranya agar dirimu mampu untuk menyampaikan berbagai perasaan yang sulit untuk dikemukakan.

menumbuhkan rasa Cinta

1. Di saat marah, wanita akan menyalahkan tindak-tanduk pasangan prianya hingga membuat si pria merasa bersalah.

Di saat yang sama, pria akan menghukum dan mengadili semua perasaan wanita pada saat ia sedang marah.

Lantas, bagaimana cara mengekspresikan amarah yang aman tanpa takut dihakimi oleh orang yang kamu sayangi?

Tulis di buku / kertas / surat akan semua amarahmu. Nama kegiatan ini adalah journaling.

2. Journaling yang benar itu bukan cuma hanya melampiaskan amarahmu saja. Supaya cinta bisa kembali bertumbuh dari dalam diri, kamu harus mengekspresikan semua emosi terluar sampai terdalam di mana diawali dari amarah, terluka, takut, penyesalan hingga akhirnya cinta dari dalam diri bertumbuh.

3. Jika pria tidak mencintai wanita, ia tidak akan peduli lagi untuk memberikan apa yang dibutuhkannya.

Cuma, banyak wanita yang menyangka bahwa lupanya kekasih prianya untuk melakukan sesuatu yang dibutuhkannya menandakan bahwa si pria sudah tak mencintainya lagi.

Buat wanita, cobalah untuk belajar meminta pasangan priamu melakukan sesuatu tanpa perlu terbawa oleh perasaanmu kalau tindakan memintamu itu seperti pengemis.

4. Wanita yang bijak akan mengetahui bahwa butuh waktu untuk pasangan prianya agar menyatakan semua perasaannya yang terdalam.

Pria yang berusaha buat jujur menyatakan berbagai perasaan terpendamnya akan MUSTAHIL langsung menyampaikan semua perasaan terdalamnya terhadap pasangan wanitanya karena ia akan canggung dan merasa dirinya tidak berdaya karena sang pria harus menunjukkan sisi kerentanannya.

Buat para wanita, berikan penghargaan, dorongan serta penerimaan agar pasangan priamu jujur dalam mengungkapkan semua perasaannya karena ini adalah salah satu titik kritis di dalam kehidupannya.

5. Keberhasilan suatu hubungan tergantung pada dua faktor yaitu

Kemampuan si pria dengan penuh cinta dan rasa hormat akan terhadap semua perasaan wanita.
dan
Kemampuan sang pasangan wanita buat menyampaikan semua perasaannya dengan cara penuh cinta serta rasa hormat tanpa sedikitpun tindakan menyalahkan, seperti: "Makanya dibilangin dengar.", "Aku udah kasih tahu kamun tapi kamu gak mau dengar." dan sejenisnya.

6. Keluarga zaman orangtua, kakek nenek, buyut kita dan ke atasnya menyampaikan perasaan cintanya dengan membungkam semua perasaan negatif yang ada. Ini sebabnya kita seringkali melihat kakek nenek dan orangtua kita sangat dingin juga kaku di saat berkomunikasi karena mengungkapkan semua perasaan negatif adalah aib.

Sebaliknya, pada saat mereka melampiaskan berbagai perasaan negatifnya, mereka akan melakukannya dengan berbagai tindakan "pemakluman", seperti: makian, umpatan, kekerasan fisik yang dibenarkan dan sejenisnya dengan dalih demi kebaikan si anak. Dan, tidak heran kita sering melihat banyak anak yang memberontak hingga menelantarkan orangtuanya di masa tuanya karena kesalahan serius yang dilakukan oleh orangtuanya di dalam mengekspresikan cintanya kepada sang buah hati.

7. Bagi yang ingin cintanya bertumbuh kembali, ketahuilah bahwa:

  • Merasakan amarah tak akan menolongmu sama sekali. Sebaliknya, kamu malah jadi berkutat terhadap amarahmu sendiri dan berakhir pada kekecewaan.
  • Menangis selama berjam-jam akan membuatmu kosong, mubazir dan kelelahan jika dirimu tak mampu melampaui perasaan terlukamu.
  • Perasaan takutmu akan membuatmu semakin terjebak di dalam ketakutanmu jikalau diri kamu sendiri enggan beranjak dari rasa takut.
  • Penyesalan tanpa berusaha agar beranjak dari semua perasaan penyesalan akan membuatmu semakin merasa bersalah, malu, hingga melukai harga dirimu.
  • Perasaan cinta tanpa merangkul semua perasan di atas ini akan menekan semua perasaan negatif tersebut. Hasilnya adalah KAMU AKAN MATI RASA DAN TIDAK SANGGUP LAGI UNTUK MERASAKAN KEAJAIBAN KEHIDUPAN.

Jadi, pastikan kamu merangkul semua perasaan di atas dan lampiaskan dengan penuh kebenaran.

8. Defense mechanism terjadi karena kita menghindari semua perasaan kita yang sesungguhnya tanpa kita sadari. Dan, supaya menyelesaikan masalah defense mechanisim ini, kita wajib merangkul semua perasaan yang kita hindari ini agar cinta mampu bertumbuh dari dalam diri. Contoh:

  • Orang yang mudah marah biasanya menyembunyikan sakit hati, kesedihan, rasa takut serta rasa penyesalannya. Ajaibnya, perasaan cinta akan muncul di saat ia sukses mengungkapkan semua kepedihan tersebut di balik perasaan amarahnya.
  • Orang yang sulit menangis biasanya kesulitan untuk marah. Ajaibnya, di saat ia berhasil untuk menangis, perasaan mereka akan jadi lebih ringan hingga tanpa disadari perasaan cinta pun muncul dari dalam dirinya.
  • Orang yang ketakutan akan menyembunyikan rasa takutnya dengan amarahnya. Ajaibmya, di saat ia berhasil merangkul rasa takutnya, cinta pun bertumbuh dan ketakutannya lenyap.
  • Orang yang mudah sekali merasa bersalah dan menyesal perlu mengungkapkan amarahnya dan perasaan sakit hatinya sebelum akhirnya cinta kembali bersemi dari dalam dirinya.

Tolong, rangkul semua perasaan ini agar kemampuanmu di dalam mencintai dan dicintai juga kembali pulih.

9. Ciri-ciri seseorang yang memiliki inner child yang terluka yaitu tidak sabar di dalam mendengarkan orang lain yang mengungkapkan semua perasaan kekanak-kanakannnya, terlepas ia pria ataupun wanita.

10. Kesuksesan seseorang di dalam mengungkapkan berbagai perasaan sulitnya terletak pada kemauan dan kebijaksanaannya untuk mengungkapkan berbagai perasaan negatifnya dengan kesadaran penuh secara tertulis.

11. Tulisan yang kamu baca sekarang ini bisa mengilhamimu agar mencintai dirimu sendiri. Hanya saja, hasilnya tergantung dari kejujuran dirimu di dalam mengungkapkannya, baik itu dalam bentuk kata-kata ataupun tulisan.

12. Kecanduan, obsesi dan dorongan, mayoritas adalah wujud berbagai ungkapan dari luka batin kita.

13. Cara mematikan kepahitan masa lalu antara pria dan wanita sangat berbeda.

Untuk pria, ia akan terobesi dengan kesuksesannya.
Untuk wanita, ia akan terobsesi untuk tampil sempurna.

Semua obsesi ini bertujuan untuk mendapatkan kembali cintanya yang hilang dikarenakan kepahitan masa lalunya, terkhusus di masa kanak-kanaknya.

Sayangnya, ini hanya akan memperburuk situasinya yang membuatnya mengalami kekosongan akut pada kejiwaannya.

Menikmati dan bersatu dengan diri sejati seutuhnya di dalam kesendirian adalah cara paling ampuh di dalam menyelesaikan luka kepahitan masa lalu yang belum terselesaikan.

14. Saat kamu menulis journalingmu yang penuh akan cinta, kamu sedang berusaha agar kemampuan kamu di dalam mencintai diri sendiri untuk pulih kembali.

Saat kamu membagikan journalingmu yang penuh akan cinta kepada orang yang kamu percayai, baik itu pasanganmu, kawanmu dan lainnya, secara tak langsung kamu telah menerima cinta dari mereka.

Jadi, agar lebih bisa mencintai diri sendiri, kita pun perlu menerima cinta. Dengan demikian, akhirnya kamu bisa membagikan kebenaran yang membuka pintu kemesraan hingga akhirnya cinta pun mulai bertumbuh dari jiwamu yang terdalam.

15. Luangkanlah waktu sejenak agar dirimu bisa mendengarkan perasaan-perasaanmu yang terdalam di heningnya malam dan di tengah kesendirianmu. Berbicaralah dengan anak kecil di dalam dirimu yang sudah terlalu lama kamu abaikan hingga diterlantarkan tanpa kamu sadari. Menangislah jika perlu dan katakan 3 kalimat penting ini untuknya.

"Kamu penting."
"Kamu layak untuk didengarkan."
"Aku ada di sini untukmu."

Lakukan ini di antara jam 0200 - 0400 subuh. Periode ini adalah waktu di mana kamu akan berkata jujur sejujur-jujurnya kepada dirimu sendiri (Di dalam agama islam adalah sholat tahajud dan agama kristen adalah doa fajar. Bahasa spiritual dinamakan doa sepertiga malam). Mungkin, kamunya akan merasakan gejolak emosi yang tak bisa kamu kendalikan.

It's okey…
It's fine…
It's all right…

Silahkan marah…
Silahkan emosi…
Silahkan menangis…

Luapkan semuanya dan rangkullah semua perasaan amarah, takut, terluka hingga rasa bersalahmu.

Ajaibnya, semua luka pada iner child-mu menghilang dengan sendirinya di saat kamu berani merangkul semua perasaan-perasaan tersebut.

Hingga akhirnya kamu berhasil berdamai dengan masa lalu dan cinta di dalam dirimu pun akhirnya bisa bertumbuh dan bersemi kembali.

Cherish your life…
Cherish your soul…
Cherish your love…

Inilah tujuan hidup semua manusia di Planet Bumi dan Alam Semesta ini.

Termasuk kamu yang membaca tulisan ini.

Isn't it beautiful?

menumbuhkan rasa Cinta


@Ragam Jatim

0Komentar