Tpz5TSMiTpOoGUr6TSAoGpYlTY==
Light Dark
Pemkot Batu Gelar Gerakan Pangan Murah Stabilkan Harga dan Bantu Warga

Pemkot Batu Gelar Gerakan Pangan Murah Stabilkan Harga dan Bantu Warga

Pemerintah Kota Batu melakukan “Gerakan Pangan Murah” yang diinisiasi oleh Badan Pangan Nasional di Rest Area Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu.
Daftar Isi
×
Pemkot Batu Gelar Gerakan Pangan Murah Stabilkan Harga dan Bantu Warga

Pemerintah Kota Batu melakukan “Gerakan Pangan Murah” yang diinisiasi oleh Badan Pangan Nasional di Rest Area Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu.  Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pangan di masyarakat, sekaligus menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke-23 Kota Batu.

Mengutip laman Pemerintah Kota Batu, Kamis (26/9/2024), Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, turut hadir dalam acara tersebut bersama Kepala Dinas Pertanian Kota Batu. Dalam kunjungannya, Aries secara langsung memantau ketersediaan bahan pokok yang dijual dengan harga terjangkau. Beberapa kebutuhan pokok yang disediakan antara lain beras, gula, minyak goreng, telur, kentang, bawang merah, dan bawang putih. Kegiatan ini juga didukung oleh Perum Bulog Cabang Malang yang menyediakan beras sebanyak 5 ton, gula 200 kilogram, dan minyak goreng 120 liter.

“Kegiatan Pasar Murah semacam ini perlu kita jadikan agenda rutin, supaya masyarakat Kota Batu dapat membeli bahan-bahan pokok dengan harga yang terjangkau. Hal ini bisa membantu perputaran roda ekonomi Kota Batu sehingga tetap berjalan dengan baik, serta bisa mengantisipasi kenaikan harga pangan akibat inflasi,” ujar Aries.

Tak hanya itu, Aries juga berinteraksi dengan para pedagang dari Kelompok Wanita Tani (KWT), yang turut serta menjual hasil olahan komoditas pertanian dari Kota Batu. Ia memberikan apresiasi terhadap keterlibatan KWT dalam kegiatan ini, yang menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam memberdayakan ekonomi lokal.

Dalam kesempatan ini, Aries juga memberikan subsidi untuk pembelian telur serta membeli produk UMKM dari KWT, yang kemudian dibagikan kepada masyarakat yang hadir. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan usaha kecil serta pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat.

Lebih lanjut, Aries menyampaikan bahwa Gerakan Pangan Murah ini tidak hanya untuk menyediakan bahan pangan dengan harga terjangkau, tetapi juga membantu warga prasejahtera di Desa Sidomulyo. Dalam acara ini, pemerintah juga menyalurkan bantuan sembako dan daging bagi keluarga yang membutuhkan.

Menurut Aries, kegiatan ini untuk memastikan masyarakat, terutama yang berada di lapisan ekonomi bawah, dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga di tengah potensi kenaikan harga akibat inflasi. "Kita berharap kegiatan seperti ini dapat benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok yang berkualitas dan terjangkau," tambahnya.

Aries berharap Gerakan Pangan Murah ini dapat terus berlanjut dan menjadi agenda rutin Pemerintah Kota Batu, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memperkuat ketahanan pangan di kota ini.(*)


@Ragam Jatim

0Komentar