Tpz5TSMiTpOoGUr6TSAoGpYlTY==
Light Dark
Quality time, Menghabiskan waktu berkualitas bersama orang terkasih

Quality time, Menghabiskan waktu berkualitas bersama orang terkasih

Quality time, bahasa cinta
Daftar Isi
×
Quality time

Menghabiskan waktu berkualitas bersama orang-orang tercinta tentu akan selalu terasa menyenangkan. Saat berada dalam jarak yang dekat, kita cenderung ingin memanfaatkan momen tersebut sebaik mungkin dengan sederet aktivitas yang berkualitas. Itulah sebabnya, quality time termasuk ke dalam satu dari lima macam bahasa cinta yang diperkenalkan oleh Gary Chapman, PhD., dalam bukunya yang berjudul " The 5 Love Languages ".

Quality time melengkapi empat jenis bahasa cinta lainnya, yaitu tindakan pelayanan , kata-kata penegasan, sentuhan fisik , dan penerimaan hadiah . Hal tersebut disebabkan setiap orang secara permulaan membutuhkan momen kebersamaan guna memperkuat fondasi hubungan yang lebih erat. Lalu, apa itu waktu yang berkualitas ? Pelajari definisi, ciri-ciri, contoh, dan cara mengungkapkannya dalam ulasan berikut ini.

Definisi Quality Time

Bahasa cinta quality time mengacu pada mereka yang gemar menghabiskan waktu berkualitas secara langsung bersama orang-orang terkasih dengan diisi beragam kegiatan yang berkualitas. Seseorang dengan bahasa cinta berupa waktu berkualitas begitu menghargai sebuah pertemuan yang dilakukan tatap muka daripada hanya berkomunikasi 'semu' melalui virtual. Karena dengan melakukan perjumpaan, kedua belah pihak dapat menciptakan dukungan emosional (bonding) yang kuat saat berinteraksi.

Dalam buku berjudul “ The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate ” yang ditulis oleh Gary Chapman, ia menegaskan bahwa quality time adalah waktu yang dikhususkan untuk mengekspresikan perasaan cinta dan kasih sayang pada orang yang terkasih. Mereka yang sering menerima bahasa cinta dengan waktu berkualitas akan merasa lebih dicintai karena menjadi prioritas utama, seolah-olah kamu memang sengaja menyisihkan waktu di tengah kesibukan agar bisa bersama mereka. Tentu saja, curahan perhatian seperti ini tidak hanya berlaku pada pasangan, tetapi juga keluarga, saudara, dan segenap kerabat dekat.

Ciri-Ciri Waktu Kualitas Bahasa Cinta

Masih kesulitan dalam menentukan apakah quality time menjadi bahasa cinta Andalanmu? Melansir mindbodygreen , berikut adalah sejumlah tanda yang diberikan oleh Gary Chapman dan konselor hubungan Margaret Paul, Ph.D. Kamu yang mengantongi ciri-ciri di bawah ini dapat dipastikan bahwa kamu adalah seseorang yang memiliki bahasa cinta berupa quality time .
  • Kamu sering merasa kesepian saat tidak memiliki waktu khusus dengan orang yang berkasih.
  • Kamu merasa kesal saat tidak berhasil menghabiskan cukup waktu bersama.
  • Kamu sering membuat jadwal pertemuan bersama dan berusaha membuat momen tersebut lebih istimewa.
  • Menghabiskan waktu berkualitas bersama sangatlah penting dan lebih dari segalanya.
  • Kamu senang melakukan banyak aktivitas, berinteraksi dengan orang lain, ataupun sekadar berjalan-jalan.
  • Kamu tidak begitu nyaman bila harus sendirian. Bagi kamu, sebagian besar aktivitas akan terasa jauh lebih menyenangkan jika bisa melibatkan orang lain.
  • Meluangkan waktu bersama orang tercinta adalah prioritas utama.
  • Kamu adalah seorang pendengar yang baik dan mudah fokus saat harus menaruh perhatian lebih kepada orang lain.
Contoh Perilaku Quality Time

Beberapa orang mengungkapkan bahwa waktu berkualitas adalah saat di mana mereka harus benar-benar merencanakan pertemuan tersebut secara khusus, namun bagi sebagian yang lain, hanya bertatap muka secara langsung saja kenyataannya sudah dapat dikategorikan sebagai waktu berkualitas . Nah, apa saja contoh perilaku quality time yang termasuk ke dalam bahasa cinta? Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat orang lain merasa lebih dihargai.

  • Memasak bersama.
  • Aktif mendengarkan dan memberi respon terhadap cerita mereka.
  • Menonton film bersama tanpa adanya gangguan dari ponsel pribadi.
  • Mengikuti program relawan atau relawan bersama.
  • Menyempatkan waktu mengeksplorasi kuliner di luar rumah.
  • Melakukan liburan atau staycation di tempat yang spesial bersama orang tersayang.
  • Bersedia mematikan gadget saat seseorang tengah berbicara serius dengan Anda.
  • Merencanakan jalan-jalan santai di tepi sungai selepas bekerja.
  • Berolahraga di satu tempat yang sama.
  • Mencoba hobi baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya secara bersama -sama.
Cara Mengekspresikan Cinta dengan Quality Time

Kamu sudah memahami definisi, ciri-ciri, dan contoh perilaku orang-orang dengan bahasa cinta quality time , sekarang saatnya untuk mengetahui lebih banyak banjut bagaimana cara mengungkapkan kasih sayang melalui tipe bahasa cinta yang satu ini. Kuncinya adalah dengan selalu fokus melibatkan diri dan memusatkan perhatian hanya kepada orang terkasih. Berikut beberapa upaya agar kamu bisa dengan leluasa mengungkapkan rasa cinta lewat quality time .

1. Melakukan Kontak Mata
Penting untuk selalu menjaga kontak mata saat kamu tengah menghabiskan waktu berkualitas bersama orang tercinta. Ketika kontak melakukan mata saat tengah berbincang, setiap orang yang menjadi lawan bicaramu akan merasa bahwa kehadirannya benar-benar penting dan diharapkan. Sebuah kontak mata dinilai mempunyai peranan yang besar dalam meningkatkan kepercayaan dan rasa aman. Gestur ini juga membuktikan bahwa kamu benar-benar menaruh perhatian penuh pada apa pun yang mereka katakan.

2. Buat Batasan dengan Gadget Pribadi
Jangan lupa untuk menyimpan perangkat elektronik pribadi jauh dari jangkauan agar kamu tidak mudah terganggu saat berada di tengah percakapan. Tidak akan ada orang yang senang jika lawan bicaranya terlihat sulit fokus dan sering kali berkutat dengan gawai pribadi daripada memerhatikan mereka. Jadi, pastikan kamu benar-benar memusatkan seluruh perhatian kepada orang tercinta agar ia merasa lebih diprioritaskan.

3. Merencanakan Quality Time Secara Khusus
Bila pertemuan yang dilakukan secara spontan dirasa belum cukup untuk memenuhi seluruh ekspektasi kamu dan orang tersayang, tak ada salahnya untuk menyusun agenda khusus demi membuat waktu berkualitas terasa lebih istimewa. Kamu bisa merencanakan sebuah perjalanan staycation , piknik di area taman terbuka, mendaki gunung, mencoba rangkaian aktivitas bahari, ataupun maraton film bersama. Ini adalah sebuah langkah antisipasi agar momen kebersamaanmu tidak terganggu oleh siapa pun.

4. Selalu Hadir untuk Orang Tercinta
Bahagia itu sederhana. Kehadiran orang-orang yang kita sayangi, baik dalam keadaan susah maupun senang, pasti akan sangat berarti. Orang dengan bahasa cinta waktu yang berkualitas tidak akan berpikir dua kali untuk langsung meluangkan waktunya saat orang yang menjadi prioritas mereka tengah membutuhkan bantuan. Presensimu adalah salah satu cara yang paling tepat untuk menunjukkan bahwa kamu memang peduli dan selalu ada untuknya.

5. Kualitas di Atas Kuantitas
Banyak orang yang mengira bahwa seringnya melakukan intensitas pertemuan adalah upaya terbaik untuk memupuk rasa cinta, padahal kenyataannya tidak selalu seperti itu. Jumlah waktu yang kamu habiskan berdua dalam satu ruangan yang sama tidak akan berarti apa-apa bila kedua belah pihak tidak mengusahakan usaha yang maksimal.

Dibanding kuantitas, justru kualitas interaksi menjadi faktor utama yang paling menentukan apakah waktu berkualitasmu dengan dia benar-benar mampu dijadikan bekal untuk membangun landasan hubungan yang lebih kuat atau tidak. Jadi, minimalkan selalu potensi gangguan dengan menciptakan ruang yang nyaman dan memusatkan perhatian secara penuh.

6. Menjadi Mendengar yang Baik
Tidak semua orang dibekali keahlian yang cukup untuk bisa menjadi pendengar yang baik, tetapi bukan berarti juga kamu tidak dapat belajar untuk menghargai setiap orang yang ada di hadapanmu. Memfokuskan diri pada apa pun yang mereka katakan adalah salah satu bentuk perhatian yang tidak bernilai harga.

Saat akan berdialog, ambil posisi duduk dengan jarak yang berdekatan dengan mereka, lalu lakukan kontak mata dan dengarkan dengan seksama. Hindari memberi nasihat yang terkesan menggurui jika tidak diminta, namun kamu tetap bisa mengajukan pertanyaan sesuai porsinya dengan hati-hati.

Berusahalah menempatkan diri pada situasi yang sama dengan orang yang kamu kasihi. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menaruh empati dan rasa peduli terhadap kesulitan yang tengah mereka hadapi.

Pada intinya, bahasa cinta quality time adalah tentang memberikan perhatian kepada orang-orang tersayang tanpa gangguan apa pun. Mungkin memang terdengar sederhana, namun kenyataannya sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang. Kuncinya adalah dengan tetap fokus pada satu hal, yaitu orang yang berarti dalam hidupmu.

@Ragam Jatim

0Komentar