Tpz5TSMiTpOoGUr6TSAoGpYlTY==
Light Dark
Trend Lari Baru Masyarakat Urban, Birthday Run!

Trend Lari Baru Masyarakat Urban, Birthday Run!

Urban, Birthday Run!
Daftar Isi
×
Urban, Birthday Run!

Bagi kaum urban, lari bukan lagi hanya sekedar olahraga melainkan sudah menjadi gaya hidup hingga menjadi cara baru untuk memperluas jejaring. Terlihat dari menjamurnya event lari di berbagai daerah di tanah air dengan peserta yang mencapai ribuan orang. Peserta event lari biasanya dari pelari profesional, masyarakat umum, hingga anggota komunitas pelari.  Magnet sebuah event lari pun beragam, mulai dari destinasi wisata yang dijadikan sebagai tempat lomba, hadiah pemenang yang menggiurkan peserta hingga brand sponsor event yang dinilai eksklusif bagi peserta. 

Beberapa event lari besar di Indonesia seperti Maybank Marathon Bali, Jakarta Marathon, Pocari Sweat Run, dan Bromo Marathon memiliki daya tarik tersendiri bagi pesertanya. Tak jarang untuk mendapatkan slot lari, peserta harus bersaing dengan ribuan pelari yang ingin ikut berpartisipasi. Kesuksesan dalam mendapatkan slot lari ini pun menjadi gengsi tersendiri diantara peserta karena sulitnya mendapatkan slot lari suatu event ternama.

Jika biasanya event lari disponsori oleh sebuah brand atau perusahaan tertentu, ternyata ada juga event lari yang disponsori oleh pribadi atau perseorangan. Saat ini event lari bisa menjadi cara seseorang untuk merayakan hari ulang tahun dengan mengadakan Birthday Run. Pelaksanaan Birthday Run mulai menjadi trend baru yang menjamur di kalangan para pelari Jakarta. Untuk mengadakan Birthday Run, penyelenggara biasanya akan menggandeng komunitas lari sebagai pengelola event. 

Salah satu founder komunitas lari di Jakarta mengaku sangat senang terlibat dalam acara Birthday Run yang mereka kelola. “Dengan mengadakan Birthday Run, kita belajar bagaimana mengelola event lari walau dalam skala yang lebih kecil. Untuk pesertanya kita sesuaikan dengan permintaan dari klien, biasanya teman-teman di lingkungan terdekat dia, lalu kita undang juga teman-teman dari komunitas lari untuk meramaikan jadi eventnya tetap seru dan ramai!”, kata Yasir Nene Ama sebagai founder Metarun. 

Sama seperti event lari pada umumnya, peserta Birthday Run pun mendapatkan perlengkapan lari dari panitia. Baru-baru ini Metarun mengadakan Birthday Run dalam rangka merayakan ulang tahun salah seorang kliennya yang ke-45 bernama Mika. Dalam pelaksanaannya, Metarun melibatkan sekitar 12 orang panitia yang merupakan member dari Metarun. 

Menurut Yasir, sangat perlu komunikasi yang jelas dengan klien dalam keberhasilan suatu event “Di awal, kita akan tanya dulu seperti apa kebutuhannya, berapa orang peserta, apa saja yang akan didapat peserti seperti jersey, isi racepack, hadiah, medali, games, semua akan kita urus. Nah, nanti ini akan memengaruhi budget yang akan dibebankan ke penyelenggara biasanya budgetnya mulai dari Rp 100 juta.”, tambah Yasir Nene Ama.

Dalam Birthday Run kategori lari yang diperlombakan biasanya tidak terlalu jauh seperti 10K dan 5K.  Untuk rute 5K menggunakan arena Gelora Bung Karno, sementara untuk kategori 10K akan menggunakan jalan Sudirman saat Car Free Day berlangsung di hari Minggu. Dalam pelaksanannya Metarun akan mengenakan biaya sebagai jasa pengelola event. “Jadi selain networking kita juga mendapat penghasilan tambahan walau tidak banyak tapi teman-teman semua juga happy. Teman-teman di komunitas Metarun biasanya mengambil partisipasi sebagai marshal dan pacer saat event berlangsung”, lanjut Yasir Nene Ama. 

Mika sebagai salah seorang penyelenggara Birthday Run menyebut betapa pentingnya menerapkan gaya hidup sehat baik dalam berbagai sisi kehidupan. “Aku selalu mempunyai resolusi untuk hidup lebih sehat setiap tahun tapi resolusi ini cenderung gagal tanpa bantuan lingkungan yang mendukung. Jadi dengan mengadakan Birthday Run aku berharap bisa meningkatkan kesadaran teman-teman akan pentingnya memiliki gaya hidup yang lebih sehat bersama komunitas yang tepat.”, jelas Mika. Jadi bagaimana Sobat apakah tertarik untuk mengadakan Birthday Run?!


Kemenparekraf/Baparekraf RI @Ragam Jatim

0Komentar