Tpz5TSMiTpOoGUr6TSAoGpYlTY==
Light Dark
5 Wisata di Jember yang wajib kamu ketahui

5 Wisata di Jember yang wajib kamu ketahui

5 Wisata di Jember yang wajib kamu ketahui
Daftar Isi
×
5 Wisata di Jember yang wajib kamu ketahui

Soal destinasi liburan, tak perlu khawatir karena Indonesia memiliki banyak tempat yang menarik yang dapat kalian kunjungi. Dari wisata alam yang indah sampai destinasi wisata buatan yang menakjubkan, Indonesia memiliki segalanya. Salah satunya di Jember, Jawa Timur, daerah yang patut kamu kunjungi ketika ke Jawa Timur.

Jember merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso. Ada banyak destinasi wisata di Jember yang lagi hits bernuansa alam maupun yang diinovasikan hingga menjadi spot foto instagenis. Banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, teman-teman, atau kerabat. Mulai dari pantai, kebun binatang sampai museum.

1. Gunung Argopuro
Gunung Argopuro atau bisa disebut Gunung Argapura merupakan sebuah gunung berapi kompleks yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Argopuro sendiri memiliki ketinggian 3.088 mdpl. Landscape yang indah menjadikan gunung Argopuro sebagai destinasi yang banyak wisatawan kunjungi. Selain itu gunung Argopuro menawarkan pengalaman yang lain, yakni menjadi salah satu jalur pendakian terpanjang dan paling terpencil di pulau Jawa sepanjang 63 km dengan pemandangan luar biasa yang tiada duanya.

2. Tanjung Papuma
Memang wisata pantai tidak akan pernah salah dikunjungi, khususnya Tanjung Papuma yang berada di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Nama Papuma sendiri sebenarnya adalah singkatan dari “Pasir Putih Malikan”. Pantai Papuma juga dikenal sebagai Pantai Tanjung Papuma karena letaknya menjorok ke laut yang disebut dengan Tanjung. Tanjung Papuma berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

3. Pantai Watu Ulo
Pantai Watu Ulo adalah sebuah pantai yang terletak di pantai selatan Jawa Timur, tepatnya di desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Jember. Pantai Watu Ulo merupakan pantai yang unik karena mempunyai batu yang panjang bagaikan seekor ular, batu panjang tersebutlah yang menjadikan nama Pantai Watu Ulo. Watu Ulo merupakan dua kata dalam bahasa Jawa, Watu berarti batu dan Ulo berarti ular dan jika digabungkan menjadi batu ular. Selain pantainya yang indah, batu tersebut menjadi salah satu daya tarik wisatanya, batu yang memiliki panjang sekitar 110 meter dengan lebar kurang lebih 4 meter menjadikan pantai Watu Ulo memiliki pengalaman yang berbeda ketika datang ke destinasi tersebut.

Wisata di Jember

4. Jember Mini Zoo
Jember Mini Zoo merupakan destinasi wisata edukasi yang wajib kalian kunjungi bersama keluarga, teman, ataupun pasangan kalian. Jember Mini Zoo yang sudah beroperasi sejak Mei tahun 2021 memiliki 300 ekor satwa. Jember Mini Zoo berada di lokasi Kaliwates, Kabupaten Jember memiliki beberapa hewan yakni kura-kura sulcata Afrika, Biawak Papua, Musang Bulan Asia Timur, dan Asia Tenggara. Selain itu ada pula ular albino, blue iguana, burung hantu, kalkun, dan lainnya. Selain itu kebun binatang ini juga menyediakan aktivitas lain seperti memberi makan kelinci, outbond, memerah susu sapi, dan lainnya.

5. Museum Huruf Jember
Museum Huruf Jember adalah museum khusus yang memiliki keunikan dan memberikan informasi tentang aksara dan Bahasa dari beragam masyarakat. Meseum yang berlokasi di Jl. Bengawan Solo, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember ini mempunyai daya tarik tersendiri ketika mendatanginya. Jika kalian ingin belajar tentang sejarah aksara yang berasal dari dunia dan ataupun nusantara, Museum Huruf Jember lah jawabannya. Asal muasal didirikan museum ini bertujuan untuk menjadi tempat edukasi dan kajian bagi masyarakat agar mengenal sejarah aksara dan huruf.

Jember memang tidak bisa dipungkiri keindahannya, daya tarik wisata yang beragam menjadikan Jember patut dijadikan rencana liburan kalian. Dari lima destinasi wisata di Kabupaten Jember di atas, mana yang belum kalian kunjungi? Jangan lupa untuk ajak teman, keluarga, ataupun pasangan kalian yaa!


@Ragam Jatim

0Komentar