Tpz5TSMiTpOoGUr6TSAoGpYlTY==
Light Dark
Peringati Hari Rabies, Puskeswan Kota Mojokerto Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

Peringati Hari Rabies, Puskeswan Kota Mojokerto Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

Peringati Hari Rabies, Puskeswan Kota Mojokerto Gelar Vaksinasi Rabies Gratis
Daftar Isi
×
Peringati Hari Rabies, Puskeswan Kota Mojokerto Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

MOJOKERTO
– Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) memberikan layanan vaksinasi rabies  gratis bagi hewan peliharaan warga kota Mojokerto. Kegiatan yang  di gelar di Puskeswan kantor DKPP Kota Mojokerto, Jl. Suromulang, Kel. Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon dalam rangka memperimgati hari Rabies Sedunia, Selasa (1/10/2024).

Pj.  Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro  di dampingi  Plt. Kepala DKPP Kota Mojokerto M. Hekamarta Fanani. menyampaikan vaksinasi rabies gratis ini sebagai salah satu upaya antisipasi agar tidak terjadi kasus rabies di Kota Mojokerto. Sedangkan Pemkot  Mojokerto melalui kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) memberikan layanan vaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan warga kota Mojokerto. Kegiatan  ini  dalam rangka memperingati World Rabies Day, yang i dilaksanakan pada Selasa (1/10/2024).

Ali Kuncoro berharap masyarakat Kota Mojokerto dapat memanfaatkan program vaksinasi rabies gratis ini agar hewan-hewan peliharaan di rumah terbebas dari rabies. Sehingga, tidak ada kasus rabies di Kota Mojokerto dan hewan-hewan peliharaan semua sehat terbebas dari berbagai penyakit.

"Monggo silahkan memanfaatkan program vaksinasi rabies ini. Ajak seluruh tetangga dan saudara yang ingin melakukan vaksinasi rabies bagi hewan peliharaannya,” imbau Mas Pj, panggilan akrabnya Ali Kuncoro, saat meninjau pelaksanaan layanan vaksinasi rabiaes gratis  di  Puskeswan  Surodinawan, Selasa (1/10/ 2024).

Kepala DKP Kota Mojokerto M. Hekamarta Fanani, menambahkan layanan vaksinasi gratis tersebut digelar di UPT Puskeswan yang berlokasi di kantor DKPP Kota Mojokerto, Jl. Suromulang, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon,  mulai tanggal 1-4 Oktober 2024 mendatang, Meski demikian  warga yang ingin mendapatkan layanan rabies  gratis pada hewan peliharaannya, bisa mendaftar mulai hari ini.

“Rabies merupakan penyakit zoonosis yang mematikan dan dapat menular dari hewan ke manusia. Untuk mencegahnya diperlukan vaksinasi bagi hewan peliharaan yang berpotensi menularkan rabies seperti kucing, anjing, kera dan musang,” jelas  Plt. Kepala DKPP, saat meninjau ruang layanan vaksin rabies Gratis di Puskeswan Surodinawan-Kota Mojokerto, Selasa (1/10/2024).

Hekamarta menambahkan, vaksinasi rabies  gratis dalam rangka World Rabies Day 2024 UPT Puskeswan telah menyediakan 100 dosis vaksin. Dan agar lebih efisien harus mendaftar terlebih dahulu melalui http://mojoverse.id/temanpuskeswan/ milik Kantor DKPP dan Pemkot Mojokerto.

“Kita batasi  satu pemilik hanya dapat membawa dua hewan peliharaan, usia hewan minimal enam bulan, hewan dalam kondisi sehat atau tidak sedang dalam masa pengobatan dan tidak bunting,” pungkas Kepala DKPP Kota Mojokerto.

Sebagai informasi TEMAN PUSKESWAN (Janji Temu dengan Dokter Hewan Puskeswan) tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk pendaftaran vaksinasi rabies tetapi juga dapat digunakan untuk pemeriksaan hewan ternak dan hewan peliharaan. Data pemilik hewan dan riwayat penyakit hewan juga dapat terekam, sehingga kesehatan hewan yang ada di Kota Mojokerto mudah terpantau.(*)


@Ragam Jatim

0Komentar