Tpz5TSMiTpOoGUr6TSAoGpYlTY==
Light Dark
PLN NP UP Brantas Upskilling Kelompok Batik Seng dengan Pelatihan Desain Batik Digital

PLN NP UP Brantas Upskilling Kelompok Batik Seng dengan Pelatihan Desain Batik Digital

Kelompok Batik Seng dengan Pelatihan Desain Batik Digital
Daftar Isi
×
PLN Nusantara Power UP Brantas menggelar Pelatihan Desain Batik Digital pada 8-11 Oktober 2024 sebagai kelompok binaan yang bergerak di bidang Pengembangan UMK. Foto: Dok. PLN NP UP Brantas

PLN Nusantara Power UP Brantas memberikan pelatihan Desain Batik Digital agar Usaha Mikro Kecil (UMK) Batik Seng di Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, naik kelas.

Pelatihan Desain Batik Digital itu pada 8-11 Oktober 2024 sebagai kelompok binaan yang bergerak di bidang Pengembangan UMK. Pelatihan bekerja sama dengan Oca Shabila, seorang Konten Kreator Batik Digital di Instagram dan Tiktok.

"Terima kasih atas atensi dan semangat dari kelompok. Pelatihan ini diharapkan bisa memberikan pengalaman baru bagi kelompok hingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap kualitas desain dan kecepatan pemenuhan pesanan batik," tegas Manager Business Support PLN NP UP Brantas Raden Sultani Indragunawan.

Indra menjelaskan melalui transformasi metode desain batik dari konvensional menjadi digital diharapkan dapat memberikan warna baru dalam pengembangan Batik Seng ke depan.

Dengan desain batik digital, lanjutnya, komunikasi dengan pelanggan diharapkan lebih fleksibel, cepat, dan mudah dari sebelumnya. Gambar yang dihasilkan pun juga lebih presisi dan berkualitas.

Kelompok Batik Seng merupakan salah satu kelompok Binaan Program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) PLN Nusantara Power UP Brantas yang berada di lokasi Distrik A. Batik Seng sendiri berlokasi di Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Adapun pelatihan ini sebagai tindak lanjut dari salah satu Roadmap Program 2024-2028, Batik Seng Naik Kelas. Dalam upaya naik kelas, PLN NP UP Brantas terus berupaya mendampingi Batik Seng, salah satunya dengan upskilling kelompok dalam hal mendesain batik.

"Respons terhadap kebutuhan dan kepuasan pelanggan dirasa penting untuk mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap produk Batik Seng," tutur Indra.

Pelatihan desain batik digital diikuti oleh 4 orang anggota kelompok Batik Seng. Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung di Griya Batik Seng. Salah satu peserta pelatihan, Eko, merupakan Desainer Batik Senior Batik Seng.

Dalam kesempatan pelatihan, Eko menyampaikan apresiasinya. "Terima kasih kepada PLN NP UP Brantas karena kami telah diberi kesempatan meningkatkan skill membatik dengan metode yang lebih kekinian," ucap Eko.

Senada dengan hal tersebut, Evi selaku Ketua Kelompok Batik Seng juga mengungkapkan rasa gembiranya. "PLN NP UP Brantas sudah banyak membantu kami mulai dari awal terbentuknya kelompok hingga saat ini. Semoga pelatihan ini bisa memberikan angin segar kepada kami untuk lebih maju mengembangkan usaha batik ini," terang Evi.

Semoga kegiatan ini bermanfaat dalam peningkatan skill, kualitas, dan kepuasan pelanggan Batik Seng.


Sumber: Siaran Pers No 29/X/2024/PLNNP/UBRS @tugusatu.com

Copyright @Ragam Jatim

0Komentar